Pages

Selasa, 07 Oktober 2014

TATA CARA BELANJA DI CISNA COLLECTION

Etika yang harus kita junjung selama berbelanja online ( sebagai pembeli )


1. Pengiriman
Bila penyedia sudah memberikan nomor resi, dan anda bisa melakukan cek langsung online ( kalo pengiriman tersebut menyediakan ) , artinya pengiriman sudah tidak berhubungan dengan penjual lho. Jadi kalo bertanya dan marah2 knp barang saya ga sampe2 , dan anda mencaci maki si penjual itu salah besar. Yang harus anda omelin sebenernya bukan toko onlinenya, krn pemilik toko online sudah melaksanakan kewajibannya untuk mengirim barang. So setelah resi di terima dan di berikan kontak expedisi pengirimannya, artinya selanjutnya anda menghubungi expedisi pengiriman ya.

2. Barang Hilang di pengiriman
Ini juga banyak terjadi barang yang kita pesan melalui online bisa juga hilang selama proses pengiriman. Apakah ini salah si pemilik toko online ? Jawabannya adalah TIDAK.
Anda sudah terima resi bukan ?
Bisa di cek di expedisi kan ?
Mohon di ingat bahwa bila barang hilang di expedisi : pengirim paket hanya di berikan ganti rugi 10x biaya pengiriman ( aturan umum ).
Anehnya yg sering kita lakukan adalah komplain ke si penjual, kita minta ganti rugi dengan barang yang sama.
Note :
Bila barang hilang , si penjual ( pemilik toko online ) hanya di ganti 10x biaya pengiriman lho … sedangkan anda meminta barang yg sama yg nilainya sangat jauh dari biaya pergantian kehilangan yang hanya 10x + minta di kirim lagi.
Bila anda meminta ganti rugi barang yang sama dan marah2 ke si penjual, itu salah besar kawan  , kehilangan adalah tanggungan expedisi (pengiriman) bila hilang pun uang pergantian 10x itu itu yang harus anda klaim. Tidak perlu marah2, krn itu musibah.
Coba posisinya di balik, kalo anda yg menjadi penjual , bagaimana perasaan anda ?

3. Etika Order
Ketika kita sudah berniat melakukan order, pastikan bahwa setelah di penjual memberikan total biaya + pengiriman yang harus di bayar anda harus melakukan pembayaran pada hari itu juga. Jangan menunda-nunda pembayaran. Krn produk yang di jual online stok nya bisa habis sewaktu2. Ini yang sering terjadi, setelah pesan, sudah di totalkan, 3 hari kemudian baru membayar. Ternyata oh ternyata barang sudah tidak ada dan anda marah2 sudah pesan, sudah booked knp di kasi orang ?
So tidak salah si penjual ya, barang in/out begitu cepat dalam bisnis online

4. Etika Konfirmasi
Jangan pernah melakukan order/ transfer tanpa konfirmasi, setiap anda melakukan pembayaran , segera lgs konfirmasikan ke penjual, supaya barang tidak di berikan orang lain.

5. Etika menghubungi
Biasakan melakukan komunikasi telpon hanya pada jam kerja 08.00 WIB – 17.00 WI, krn penjual online juga manusia yang membutuhkan relax dan istirahat, makan dan minum bukan  Jangan pernah menelepon di atas jam kerja tersebut, bila mmg harus menghubungi, lewat sms/Blackberry Messenger saja, namun tetap harus bisa memaklumi bila reply nya telat.

6. Etika Comment di Wall Facebook Penjual
Hal ini sekarang sedang trend jualan di facebook. Penjual biasanya akan memasang foto produk di wall. Etika yg harus di lakukan adalah :
- Jangan comment bila cuma iseng2 saja
- Jangan menjatuhkan mutu produk secara tidak langsung, misal ;
*mahal amat sis
*aku dapat di sana lbh murah lho
- Jangan comment di Status produk lain yang tidak berhubungan, misal :
Statusnya : jualan produk Sepatu , tiba2 anda comment :
*sis/bro : bedak yg kapan hari sudah dikirim —> tidak berhubungan dengan produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates