Etika yang harus kita junjung selama berbelanja online ( sebagai pembeli )
1. Pengiriman
Bila penyedia sudah memberikan
nomor resi, dan anda bisa melakukan cek langsung online ( kalo
pengiriman tersebut menyediakan ) , artinya pengiriman sudah tidak
berhubungan dengan penjual lho. Jadi kalo bertanya dan marah2 knp barang
saya ga sampe2 , dan anda mencaci maki si penjual itu salah besar. Yang
harus anda omelin sebenernya bukan toko onlinenya, krn pemilik toko
online sudah melaksanakan kewajibannya untuk mengirim barang. So setelah
resi di terima dan di berikan kontak expedisi pengirimannya, artinya
selanjutnya anda menghubungi expedisi pengiriman ya.
2. Barang Hilang di pengiriman
Ini
juga banyak terjadi barang yang kita pesan melalui online bisa juga
hilang selama proses pengiriman. Apakah ini salah si pemilik toko online
? Jawabannya adalah TIDAK.
Anda sudah terima resi bukan ?
Bisa di cek di expedisi kan ?
Mohon
di ingat bahwa bila barang hilang di expedisi : pengirim paket hanya di
berikan ganti rugi 10x biaya pengiriman ( aturan umum ).
Anehnya yg sering kita lakukan adalah komplain ke si penjual, kita minta ganti rugi dengan barang yang sama.
Note :
Bila
barang hilang , si penjual ( pemilik toko online ) hanya di ganti 10x
biaya pengiriman lho … sedangkan anda meminta barang yg sama yg nilainya
sangat jauh dari biaya pergantian kehilangan yang hanya 10x + minta di
kirim lagi.
Bila anda meminta ganti rugi barang yang sama dan
marah2 ke si penjual, itu salah besar kawan , kehilangan adalah
tanggungan expedisi (pengiriman) bila hilang pun uang pergantian 10x itu
itu yang harus anda klaim. Tidak perlu marah2, krn itu musibah.
Coba posisinya di balik, kalo anda yg menjadi penjual , bagaimana perasaan anda ?
3. Etika Order
Ketika
kita sudah berniat melakukan order, pastikan bahwa setelah di penjual
memberikan total biaya + pengiriman yang harus di bayar anda harus
melakukan pembayaran pada hari itu juga. Jangan menunda-nunda
pembayaran. Krn produk yang di jual online stok nya bisa habis sewaktu2.
Ini yang sering terjadi, setelah pesan, sudah di totalkan, 3 hari
kemudian baru membayar. Ternyata oh ternyata barang sudah tidak ada dan
anda marah2 sudah pesan, sudah booked knp di kasi orang ?
So tidak salah si penjual ya, barang in/out begitu cepat dalam bisnis online
4. Etika Konfirmasi
Jangan
pernah melakukan order/ transfer tanpa konfirmasi, setiap anda
melakukan pembayaran , segera lgs konfirmasikan ke penjual, supaya
barang tidak di berikan orang lain.
5. Etika menghubungi
Biasakan
melakukan komunikasi telpon hanya pada jam kerja 08.00 WIB – 17.00 WI,
krn penjual online juga manusia yang membutuhkan relax dan istirahat,
makan dan minum bukan Jangan pernah menelepon di atas jam kerja
tersebut, bila mmg harus menghubungi, lewat sms/Blackberry Messenger
saja, namun tetap harus bisa memaklumi bila reply nya telat.
6. Etika Comment di Wall Facebook Penjual
Hal
ini sekarang sedang trend jualan di facebook. Penjual biasanya akan
memasang foto produk di wall. Etika yg harus di lakukan adalah :
- Jangan comment bila cuma iseng2 saja
- Jangan menjatuhkan mutu produk secara tidak langsung, misal ;
*mahal amat sis
*aku dapat di sana lbh murah lho
- Jangan comment di Status produk lain yang tidak berhubungan, misal :
Statusnya : jualan produk Sepatu , tiba2 anda comment :
*sis/bro : bedak yg kapan hari sudah dikirim —> tidak berhubungan dengan produk
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar